Entri Populer

Selasa, 28 Februari 2012

INFORMASI AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN









AKUNTANSI MANAJEMEN
“INFORMASI AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN”

Makalah ini disusun guna memenuhi tugas
mata kuliah akuntansi manajemen
Disusun Oleh :
1.  Yosephine Endah Nur Diani       7211409007
2.  Singgih Aji Taruno                        7211409011
3.  Yuliani Diah Saputri               7211409031



UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2011























BAB II
ISI

INFORMASI AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN

A.  Konsep Informasi Akuntansi Pertanggungjawaban
Informasi akuntansi pertanggung jawaban adalah suatu informasi tentang aktiva, pendapatan, dan biaya yang menjadi wewenang dan tanggung jawab unit-unit organisasi yang bertanggung jawabatas pertanggungjawaban tertentu dalam suatu organisasi.
Informasi akuntansi pertanggungjawaban terdiri atas :
1.     Informasi biaya masa lalu
Biaya yang menjadi tanggung jawab seseorang yang digunakan dalam proses perencanaan. Contohnya : budget
2.    Informasi biaya masa datang
Biaya sesungguhnya yang menjadi tanggung jawab seseorang dalam bentuk laporan. Contohnya : laporan pertanggungjawaban dan laporan keuangan.

B.  Manfaat Informasi Akuntansi Pertanggungjawaban
Menurut Mulyadi (1997:170-174)
1.     Informasi akuntansi pertanggungjawaban yang berupa informasi masa yang akan datang bermanfaat untuk penyusunan anggaran. Proses penyusunan anggaran pada dasarnya merupakan prosespenetapan peran dalam usaha mencapai sasaran perusahaan.
2.    Informasi akuntansi pertanggungjawaban yang berupa informasi masa lalu bermanfaat sebagai :
a)    Informasi akuntansi pertanggungjawaban sebagai penilai kinerja manajer pusat pertanggungjawaban. Informasi pertanggungjawaban merupakan informasi yang penting dalam proses perencanaan dan manajer yang bertanggung jawab terhadap perencanaan dan realisasinya.
b)   Informasi akuntansi pertanggungjawaban sebagai pemotivasi manajer. Informasi akuntansi akan berdampak langsung terhadap motivasi manajer dengan mempengaruhi kemungkinan usaha diberi penghargaan. Informasi akuntansi pertanggungjawaban juga digunakan untuk mengukur kinerja manajer.
3.    Informasi akuntansi pertanggungjawaban memungkinkan pengelolaan aktivitas.
Dengan menyajikan informasi biaya yang dipisahkan kedalam biaya penambah dan bukan penambah nilai, sehingga manajemen dapat memperoleh informasi biaya bukan-penambah dan dan bukan penambah nilai yang menggambarkan besarnya pemborosan yang sekarang dialami perusahaan dalam memenuhi kebutuhan customer. Manajer juga dapat memperoleh biaya bukan penambah nilai yang memungkinkan mereka memusatkan pengendalian mereka terhadap aktivitas bukan penambah nilai, selain itu juga dapat memungkinkan mereka melakukan penyempurnaan efisiensi aktivitas penambah nilai.
4.    Informasi akuntansi pertanggungjawaban memungkinkan pemantauan efektivitas program pengelolaan aktivitas.
Dengan menyajikan informasi biaya yang dipisahkan kedalam biaya penambah dan bukan penambah nilai dalam bentuk perbandingan dari periode ke periode, yang mengakibatkan manajer dapat memantau efektivitas program pengelolaan aktivitas dan merumuskan keputusan-keputusan strategik.
Kesimpulan : manfaat yang diperoleh dari informasi akuntansi pertanggungjawaban adalah manajer dapat mengetahui program yang telah direncanakan untuk pengambilan keputusan-keputusan dalam perusahaan.
Fungsi informasi akuntansi pertanggungjawaban:
a.    Menyiapkan Budget untuk masing-masing responsibility center
b.    Mengukur Performa dari masing-masing responsibility center
c.    Menyiapkan skema pelaporan secara periodik yang membandingkan jumlah secara aktual dan jumlah budget.
Secara umum fungsi dari informasi akuntansi pertanggungjawaban secara umum adalah untuk menganalisis kinerja manajer dan sekaligus untuk memotivasi para manajer dalam melaksanakan rencana mereka yang dituangkan dalam anggaran mereka masing-masing.

C.  Sistem Akuntansi PertanggungJawaban Tradisional
Menurut mulyadi (1997:214), Sistem akuntansi pertanggungjawaban tradisional adalah suatu sistem akuntansi yang disusun sedemikian rupa sehingga pengumpulan dan pelaporan biaya dan atau pendapatan dilakukan sesuai dengan pusat pertanggungjawaban dalam organisasi, dengan tujuan agar dapat ditunjuk orang atau kelompok orang yang bertanggung jawab atas penyimpangan biaya dan atau pendapatan yang dianggarkan.
Karakteristik sistem akuntansi pertanggungjawaban :
1.     Adanya identifikasi pusat pertanggungjawaban
2.    Standar ditetapkan sebagai tolak ukur kinerja manajer yang bertangung jawab atas pusat pertanggungjawaban tertentu
3.    Kinerja manajer diukur dengan membandingkanrealisasi dengan anggaran
4.    Manajer secara individual diberi penghargaan atau hukumanberdasarkan kebijakan manajemen yang lebih tinggi.
Kelemahan-kelemahan sistem akuntansi tradisional:
1.     Mengabaikan biaya yang tidak memberikan nilai tambah
2.    Memberikan perhatian lebih terhadap biaya tenaga kerja
3.    Memfokuskan pada kondisi ekstern
4.    Memberikan perhatian lebih terhadap ukuran keuangan
5.    Perhitungan selisih mendorong tingkah laku negatif

Asumsi-asumsi sistem akuntansi pertanggungjawaban tradisional:
1.     Pengelolaan Berdasarkan Penyimpangan
Dengan melihat penyimapangan yang terjadi dalam perusahaan, maka manajemen akan memusatkan perhatiaanya terhadap perbaikan ketidakefisienan yang terjadi. Pelaporan secara periodik yang disajikan oleh akuntansi pertanggungjawaban kepada manajer yang bertanggungjawab sangat cocok digunakan untuk menarik perhatian mereka kearah bidang yang terdapat penyimpangan didalamnya dan segera melakukan perbaikan.
2.    Pengelolaan berdasarkan tujuan (Manajemen By Objective)
Dalam MBO manajer atas maupun bawah bersama-sama menetapkan sasaran bersama yang dinyatakan dalam hasil atau sasaranyang diharapkan dan secara bersama-sama memantau kemajuan dan pencapaian sasaran tersebut.
3.    Struktur pertanggungjawaban sesuai dengan hierarki organisasi
Akuntansi pertanggungjawaban tradisional menganggap bahwa pengendalian organisasi dapat meningkat dengan cara menciptakan jaringan pusat pertanggungjawaban yang sesuai dengan struktur organisasi formal perusahaan.
http://www.wahyudiharto.com/blog_images/s2_konsep_informasi_akuntansi_pertanggung_jawaban.jpg
4.    Manajer bawahnya tersedia untuk menerima tanggung jawabyang dibebankan kepada mereka melalui hierarki organisasi
Hal yang terpenting dalam menentukan agar sistem akuntansi pertanggungjawaban ini berhasil adalah kesediaan para manajer pusat untuk menerima tanggung jawab yang diberikan kepada mereka. Untuk mendorong penerimaan tanggung jawab, kultur organisasi harus memungkinkan para manajer untuk kadang-kadang gagal dalam tugas mereka, tanpa harus takut untuk menerima hukuman atas kegagalan mereka tersebut.
5.    Sistem akuntansi pertanggungjawaban mendorong kerjasama bukan kompetisi
Sistem akuntansi pertanggungjawaban memberikan kesempatan kepada manajer untuk merumuskan sasaran mereka sendiri dan membuat keputusan dalam rangka tenggung jawab yanng didelegasikan oleh manajer di atasnya, maka hal ini akan meningkatkan kesetiaan harga diri dan rasa penting dalam diri manajer.

D.  Activity-Based Responsibility Accounting System
Activity-based responsibility adalah suatu sistem akuntansi yang disusun sedemikian rupa sehingga pengumpulan dan pelaporan biaya dilakukan menurut aktivitas penambah dan bukan penambah nilaiuntuk memungkinkan manajemen merencanakan pengelolaan aktivitas dan memantau hasil perbaikan bersinambungan atas berbagai aktivitas untuk pembuatan produk/ penyerahan jasa.
a.    Aktivitas penambah nilai
Aktivitas penambahan nilai adalah aktivitas yang perlu dilakukan untuk menjaga agar perusahaan tetap bertahan dan bekembang dalam bisnis yang dijalankan.
Klasifikasi aktivitas penambah nilai karena memenuhi 3 kondisi :
1.     Aktivitas yang mampu menghasilkan perubahan suatu keadaan
2.    Perubuhan sifat tersebut tidak dapat dicapai oleh aktivitas sebelumnya
3.    Aktivitas tersebut memungkinkan aktivitas lain dapat dilaksanakan
b.    Aktivitas Bukan Penambah Nilai
Aktivitas bukan penambah nilai adalah aktivitas yang tidak memberikan nilai tambah dan merupakanaktivitas yang tidak perlu dilakukan karena tidak membuat perusahaan dapat bertahan atau berkembang dalam bisnisnya.

Dalam perusahaan manufaktur, terdapat 5 golongan aktivitas bukan penambah nilai yaitu :

1.     Pembuatan skedul
Pembuatan waktu dan sumber daya untuk menentukan kapan berbagai produk yang berbeda dimasukkan dan bagaimana berbagai produk tersebut diproduksi.
2.    Pemindahan
Aktivitas yang menggunakan waktu dan sumber daya untuk memindahkan bahan baku, produk dalam proses dan tranfer produk jadi dari satu departemen ke departemen lainnya.
3.    Penantian
Aktivitas yang didalamnya bahan baku dan produk dalam proses menggunakan waktu dan sumber daya untuk menunggu proses berikutnya.
4.    Inspeksi
Aktivitas yang mengkonsumsi waktu dan sumber daya untuk menjamin produk yang dihasilkan sesuai dengan mutu yang sudah ditetapkan.
5.    Penyimpanan
Aktivitas yang menggunakan waktu dan sumber daya selama produk dan bahan baku disimpan sebagai bahan sediaan.

E.  Penggunaan Informasi Akuntansi PertanggungJawaban
Sistem akuntansi pertanggungjawaban tradisional mengarahkanperhatian manajer pada pengendalian biaya.
1.     Sistem pelaporan biaya dalam akuntansi pertanggungjawaban Tradisional
Pelaporan dalam sistem akuntansi pertanggungjawaban harus menggunakan klasifikasi dan kode rekening yang sesuai dengan konsep pertanggungjawaban dalam organisasi. Dengan kata lain bahwa klasifikasi kode rekening harus disusun sedemikian rupa sehingga selain mampu menunjukkan jenis biaya atau penghasilan yang terjadi, memungkinkan pengumpulan biaya terkendali dan tak terkendali pada masing-masing pusat pertanggungjawaban atau kontribusi penghasilan masing-masing produk dan dapat mengidentifikasikan pula kode tingkat pimpinan manajemen yang bertanggung jawab. Posisi angka dalam kode rekening dikelompokan menjadi 2 yaitu :
·         Menunjukkan tempat terjadinya biaya
·         Menunjukkan kode jenis biaya dan penghasilan yang digolongkan sesuai dengan objek pengeluaran dan penerimaan.

Jenis laporan biaya yang dihasilkan oleh akuntansi biaya dalam sistem akuntansi pertanggungjawaban tradisional meliputi:
·         Laporan Pertanggungjawaban (resposibility cost report)
Bertujuan agar manajer melakukan pengelolaan biaya dengan cara membandingkan biaya yang direalisasikan dengan biaya yang dinggarkan.
·         Laporan Biaya Produksi (cost of produstion report)
Bertujuan untuk menyajikan laporan biaya produksi untuk analisis biaya produk yang dihasilkan perusahaan tiap bulan.

Untuk memaksimumkan keuntungan laporan pertanggungjawaban harus memenuhi 4 kriteria, yaitu :
a)    Tepat Waktu
b)   Diterbitkan secara periodik dan konsisten
c)    Mudah dimengerti
d)   Membandingkan antara budget dan jumlah aktual

Format umum laporan pertanggungjawaban:
Ø  Nomor Kode akun biaya
Ø  Jenis biaya atau pusat pertanggungjawaban
Ø  Realisasi bulan ini
Ø  Anggaran biaya bulan ini
Ø  Penyimpangan biaya bulan ini
Ø  Realisai biaya sampai dengan bulan ini
Ø  Anggaran biaya sampai dengan bulan ini
Ø  Penyimpangan biaya sampai dengan bulan ini

2.  Sistem pengelolaan akuntansi pertanggungjawaban dalam akuntansi pertanggungjawaban tradisional
Oleh karena biaya yang terjadi dikumpulkan untuk setiap tingkat manajemen, maka biaya-biaya harus digolongkan dan diberi kode sesuai dengan tingkat manajemen yang berada dalam struktur organisasi.
Ø  Pengumpulan biaya untuk laporan produksi
Perhitungan cost produk dilakukan melalui tahap-tahap berikut :
a.    Alokasi BOP departemen pembantu ke departemen produksi
b.    Perhitungan cost produksi  bagian kievel, bagian printing, dan bagian guset.
Pembebanan Tanggung Jawab Biaya Dalam Akuntansi Pertanggungjawaban Tradisional
Dalam menentukan terkendalikan atau tidaknya biaya, ada dua metode yang dapat dilakukan, yitu :
a.    Didasarkan pada biaya yang dikeluarkan
Contohnya : departemen listrik dibebani tanggung jawab atas terjadinya biaya listrik tersebut karena biaya listrik dikeluarkan oleh departemen listrik sedangkan bagian departemen produksi dan departemen lain tidak dibebani.
b.    Berdasarkan pada sumber daya yang dikonsumsi
Contoh : departemen listrik menjadi tanggung jawab penuh manajer listrikatau dapat dialokasikan ke departemen pemakai sesuai dengan perilaku manajer yang hendak dituju.
Contoh :
Departemen listrik menghasilkan listrik untuk memenuhi kebutuhan 3 Departemen produksi X, Y, dan Z. Kapasitas Departemen listrik per tahun adalah 320.000 Kwh dengan jumlah biaya listrik tersebut sebesar Rp 1.000.000 yang terdiri dari biaya tetap Rp 700.000 dan biaya variabel Rp 300.000. kebutuhan minimum departemen X, Y, dan Z masing-masing 80.000 Kwh, 70.000 Kwh, dan 50.000 Kwh.
Jawab:
Data Departemen Listrik
         Biaya Tetap                                                        Rp 700.000
         Biaya Variable                                                     Rp 300.000
         Total Biaya Produksi Listrik Pertahun                  Rp 1.000.000
Data Pemakaian Listrik Per Tahun
         Kapasitas yang tersedia                                      320.000 Kwh
         Kebutuhan Pokok Departemen
         Departemen X                    80.000 Kwh
         Departemen Y                    70.000 Kwh
         Departemen Z                    50.000 Kwh
                                                                                   200.000 Kwh
         Kapasitas yang bebas pakai                                 120.000 Kwh


METODE PEMBEBANAN TANGGUNG JAWAB BIAYA LISTRIK
Metode 1 (Pembebanan berdasarkan kapasitas pelayanan)
         Departemen X = (80.000/200.000) x  Rp 1.000.000         =Rp 400.000
         Departemen Y = (70.000/200.000) x  Rp 1.000.000         =Rp 350.000
         Departemen Z = (50.000/200.000) x  Rp 1.000.000         =Rp 250.000
                                                                                 Rp1.000.000
Metode 2 (Pembebanan berdasarkan kapasitas pelayanan dan pemakaian)
         Departemen X
               Biaya Tetap                  (80.000/200.000) x  Rp 700.000     = Rp 280.000
               Biaya Variable               (300.000/120.000)      = Rp 2,5 / Kwh
         Departemen Y
               Biaya Tetap                  (70.000/200.000) x  Rp 700.000     = Rp 245.000
               Biaya Variable               (300.000/120.000)      = Rp 2,5 / Kwh
         Departemen X
               Biaya Tetap                  (50.000/200.000) x  Rp 700.000     = Rp 175.000
               Biaya Variable               (300.000/120.000)      = Rp 2,5 / Kwh
Metode 3 (Pembebanan Berdasarkan Pemakaian)
         Departemen X (Rp  1.000.000 / 320.000)        = Rp 3,125 / Kwh
         Departemen Y (Rp  1.000.000 / 320.000)        = Rp 3,125 / Kwh
         Departemen Z (Rp  1.000.000 / 320.000)        = Rp 3,125 / Kwh

F.  Rekayasa Informasi Akuntansi Pertanggung Jawaban dalam activity based responsibilityaccounting system
Untuk memungkinkan manajemen melakukan pengelolaan aktivitas, sistem akuntansi pertanggungjawaban harus memisahkan biaya penambah nilai dan biaya bukan penambah nilai. Pemisah biaya ini diperlukan agar manajemen :
1)    Dapat memisahkan perhatian mereka terhadap pengurangan dan akhirnya penghilangan biaya bukan penambah nilai
2)   Menyadari besarnya pemborosan yang sekarang sedang terjadi
3)   Memantau efektivitas program pengelolaan aktivitas dengan menyajikan biaya bukan penambah nilai kepada manajemen dalam bentuk perbandingan anatr periode.
Untuk mengidentifikasi dan menghitung biaya penambah nilai dan bukan penambah nilai adalah dengan mengidentifikasi cost driver yaitu biaya yang menjadi penyebab biaya aktivitas tertentu, dengan perhitungan :
Biaya Penambah nilai           = KSt  x  HSt
Biaya Bukan Penambah Nilai = (KSt – KS) HSt
Contoh Soal :
Aktivitas
Cost Driver
KSt
KS
HSt
Pemakaian BB
Kg
230.000
260.000
2500
Tenaga Listrik
KWh
50.000
65.000
4500
Set Up
Jam Set Up
-
55.000
2500
Inspeksi
Jam Inspeksi
-
30.000
3000

Jawaban :
Aktivitas
B. penambah nilai
(KSt  x  HSt)
B. bukan penambah nilai
(KSt - KS) HSt
Total
Pemakaian BB
575.000.000
75.000.000
650.000.000
Tenaga Listrik
225.000.000
67.500.000
292.500.000
Set Up
-
137.500.000
137.500.000
Inspeksi
-
90.000.000
90.000.000
Jumlah
800.000.000
370.000.000
1.170.000.000
        
         Dari hasil perhitungan diatas manajemen dapat memantau hasil program penghapusan aktivitas bukan penambah nilai dan jumlah biaya yang dapat dihemat sampai dengan saat tertentu.















BAB I
PENDAHULUAN

Pada dasarnya akuntansi manajemen berkaitan dengan masalah penyajian informasi akuntansi yang salah satunya tentang akuntansi pertanggungjawaban. Dalam membahas informasi akuntansi pertanggungjawaban, informasi dihubungkan dengan wewenang yang dimiliki oleh tipe-tipe manajer.
Informasi akuntansi pertanggungjawaban terdiri atas informasi biaya masa lalu dan masa datang. Biaya yang menjadi tanggungjawab seseorang digunakan dalam proses perencanaan, khususnya dalam proses perencanaan tahunan yang disebut budget. Informasi masa lalu mengenai biaya sesungguhnya yang terjadi dalam pusat pertanggungjawaban digunakan dalam laporan mengenai prestasi pusat pertanggungjawaban. Laporan pertanggungjawaban lebih bermanfaat untuk kepentingan manajemen daripada laporan keuangan yang disusun sesuai dengan kontruksi biaya penuh karena laporan pertanggungjawaban dirancang untuk dapat menunjuk pada siapa yang berwenang dan mempunyai tanggungjawab atas terjadinya suatu biaya.
Melihat kondisi ekonomi yang semakin berkembang untuk menghadapi lingkungan manufaktur maju, akuntansi manajemen telah mengembangkan sistem akuntansi pertanggungjawaban berbasis aktivitas.




BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN :
1.     Informasi akuntansi pertanggung jawaban adalah suatu informasi tentang aktiva, pendapatan, dan biaya yang menjadi wewenang dan tanggung jawab unit-unit organisasi yang bertanggung jawabatas pertanggungjawaban tertentu dalam suatu organisasi.
2.    Manfaat Informasi Akuntansi Pertanggungjawaban
1.     Informasi akuntansi pertanggungjawaban yang berupa informasi masa yang akan datang bermanfaat untuk penyusunan anggaran.
2.    Informasi akuntansi pertanggungjawaban yang berupa informasi masa lalu bermanfaat
3.    Informasi akuntansi pertanggungjawaban memungkinkan pengelolaan aktivitas.
4.    Informasi akuntansi pertanggungjawaban memungkinkan pemantauan efektivitas program pengelolaan aktivitas.
3.    Sistem akuntansi pertanggungjawaban tradisional adalah suatu sistem akuntansi yang disusun sedemikian rupa sehingga pengumpulan dan pelaporan biaya dan atau pendapatan dilakukan sesuai dengan pusat pertanggungjawaban dalam organisasi, dengan tujuan agar dapat ditunjuk orang atau kelompok orang yang bertanggung jawab atas penyimpangan biaya dan atau pendapatan yang dianggarkan.
4.    Activity-based responsibility adalah suatu sistem akuntansi yang disusun sedemikian rupa sehingga pengumpulan dan pelaporan biaya dilakukan menurut aktivitas penambah dan bukan penambah nilaiuntuk memungkinkan manajemen merencanakan pengelolaan aktivitas dan memantau hasil perbaikan bersinambungan atas berbagai aktivitas untuk pembuatan produk/ penyerahan jasa.



4 komentar:

  1. yg px blog cantik yach . . . :D

    BalasHapus
  2. salam kenal...saya juga dari unnes juga lho...saya jurusan akuntansi angkatan 2011...
    Tu ada Singgih Aji Taruno...itu tmen satu kontrakan ku dlu...hehe
    http://accounting-media.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus